Kokopi

Beberapa  orang pecinta dan pelaku usaha kopi dari berbagai komunitas kopi sepakat mendirikan koperasi komunitas  kopi Indonesia ( KOKOPI ).

Para pendiri KOKOPI ini terdiri dari para petani kopi, pengusaha kopi, bahkan sampai para penikmati kopi di seluruh wilayah indonesia bergabung didalamnya.

Hal yang melatar belakangi pendirian KOKOPI  karena kopi Indonesia premium diekspor ke luar negeri dengan harga murah yang tinggal di Indonesia.

Pada rabu (7/6/2017)  beberapa  angota komunitas kopi Indonesia berkumpul untuk rapat membentuk susunan pengurus KOKOPI yang bertempat di kantor Sekretariat Koperasi Jalan Dharmawangsa IV nomor 01 (Opera Coffee Cooperative) Jakarta Selatan.

Ronald FRS ketua umum KOKOPI berharap koperasi ini mampu mengembangkan tiap desapenghasil kopi membuat kopi sachet produk dari desa mereka (One Village one production).

Suryokoco ketua dewan pengawas KOKOPI berharap mengatakan KOKOPI bukan hanya berorientasi pada besarnya nilai SHU tetapi lebih pada besarnya kemanfaatan bagi perkembangan usaha anggota.

“Koperasi adalah membantu diri sendiri bersama sama, jadi bergabung di koperasi ini saya harapkan bukan karena ingin mendapatkan SHU yang besar, tetapi lebih berharap adanya kemanfaatan untuk mengembangkan usaha di bidang kopi. Saya hanya penikmat kopi, tapi semangat saya bergabung sebagai salah pendiri adalah bisa memberikan kemanfaatan bagi para petani, pengusaha kopi dan dunia perkopian Indonesia”

KOKOPI  didirikan oleh 94 anggota dari 11 Propinsi  Indonesia.  KOKOPI mempunyai Visi untuk Menjadikan Kopi Indonesia menjadi nomor 1 (satu) dunia melalui Koperasi Indonesia Kopi.

KOKOPI mempunyai Misi  Memajukan Kopi Indonesia (penanaman, pengolahan, dan pemasaran), Menjadikan Kopi Indonesia menjadi currency Indonesia dengan negara lain ,Menjadi Koperasi Kopi yang sehat dan menjadi teladan bagi Koperasi lain , Menjadikan data dan analisa Peta Kopi Indonesia di tahun 2022.

Strujtur Kepengurusan Pertama Kali adalah sebagai ebrikut

Badan Pengawas
Ketua Suryokoco
Anggota Adji Gutomo

Alex

Bobby Adhityo Rizaldi

Evi Ayunita

Widagdo Hendro Sukoco

Rudy Ersan

Badan Pengurus
Ketua Umum Ronald FRS
Ketua Ketua  
–   Bidang Pengolahan & Pengembangan Budidaya Wildan
–  Bidang Pengembangan Usaha Karya Elly
–  Bidang Industri Kreatif Anang Solih ( Arya )
–  Bidang Organisasi & Keanggotaan Lukas Christian
–  Bidang Data & Teknologi Michael Yang
–  Bidang PR & Kehumasan Agus Radianto
   
Sekretaris Sunnil Tolani
Bendahara Rini Purwandari

 

Pin It on Pinterest

Share This